Travelling Sendirian? Siapa Takut

travelling seorang diri

Menjadi seorang solo traveller bukanlah hal yang mudah untuk di lakukan karena pastinya setiap manusia memiliki rasa takut dengan sesuatu yang asing dan ketidak tahuan sehingga membuat sebagian orang takut untuk melakukan perjalanan sendirian dan menghindari hal tersebut.

Tapi justru di sisi lain ada yang lebih suka melakukan solo travelling bukan karena jomblo atau tidak ada keluarga yang menemaninya melainkan untuk merefleksikan sebuah petulangan yang bebas dan tidak terikat dari sensasi itu bisa membuat pengalaman yang unik dan berbeda darinya.

Solo travlling yang selain memudahkan untuk kebebasan memilih destinasi justru adalah perjalanan dalam diri yang bisa di dapat dengan kemampuan adaptasi dengan lingkungan yang di kunjunginya dan bisa lebih terbuka untuk berinteraksi dengan orang sekitaran.

Apapun alasannya menjadi solo traveller pastinya kami akan memberikan beberapa tips kepada anda tentang kiat kiat yang perlu di perhatikan agar perjalanan anda semakin menyenangkan dan berkesan serta menghindari hal hal yang tidak perlu

  • Membuat Riset Destinasi

Tentukan dengan baik mana saja daerah yang ingin anda kunjungi dan pelajari terlebih dahulu hal hal yang ada di destinasi tersebut akan menjadi sebuah hal yang baik sehingga membuat anda bisa menikmati perjalanan tanpa banyak kendala nantinya.

Penelitian ini sangat penting untuk menghindari anda dari hal hal yang tidak di inginkan dengan membeli tiket pesawat untuk penerbangasn kapan yang murah mulai dari low season dan high season dan juga tempat tersebut apakah karakteristik cuaca dan iklminya dan apa yang perlu di persiapkan sehingga anda bisa menikmati perjalanan tanpa kejutan yang telah anda pelajari terlebih dahulu.

  • Perencanaan

Setelah melakukan riset maka anda bisa mulai merencanakan perjalanan anda. Tentunya tidak harus detail jika anda ingin merasakan beberapa sensasi kejutan darinya tetapi berencana mula dari itinerary yang akan di tuju dan hingga dana yang perlu anda siapkan saat travelling sangat lah membantu untuk membuat anda tetap bisa menikmati perjalanan.

Gak lucu kan kalau sampai anda tidak memiliki perencanaan yang baik dan tahu tahu anda kehabisan uang di tengah perjalanan dan tidak memiliki sesiapapun untuk meminjam uang terlebih dahulu karena pergi sendirian.

Begitu pula dengan barang barang yang akan di bawa tidak harus selamanya banyak barang tetapi barang barang yang penting harus di rencanakan dengan baik karena anda berpergian sendirian seperti obat dan pakaian serta kebutuhan pribadi lain.

Anda juga bisa menyiapkan hal hal penting seperti nomor telepon dan kontak kontak penting di destinasi yang anda kunjungi agar bisa di gunakan di saat keadaan mendesak dan harus di lakukan.

  • Menjalin Pertemanan Yang Sehat

Berpergian sendirin tentunya tidak berarti anda harus melakukan apapun sendiri karena di sepanjang perjalanan anda bisa saja bertemu dengan orang yang memiliki tujuan dan destinasi yang sama dengan mu dan bisa menikmati hal itu bersama kalau kalian ngobrolnya nyambung dan cocok.

Meski demikian jangan sampai untuk menjalin pertemanan itu sendiri nantinya malah anda menjadi sungkan dan mengorbankan rencana perjalanan anda dan merangkai pertemanan yang sehat dan selalu berlaku ramah adalah keharusan tapi tidak harus masuk ke dalam jalinan yang serius jugalah opsional yang bisa di lakukan selama anda menikmati perjalanan yang di lakukan.

  • Ingat Untuk Istirahat Juga

Terkadang berjalan sendirian tentu akan membuat anda bersemangat dan ada banyak agenda yang ingin anda kunjungi dan belum terpenuhi sebelumnya sehingga sering kali over menggunakan energi dan justru akan membuat anda lelah secara berlebihan dan membuat kesehatan anda menurun.

Kalau sudah begini yang repot dan rugi juga dan selalu menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup juga penting untuk menikmati liburan yang berkualitas dan mengejar semua spot destinasi untuk di kunjungi semuanya tidak akan ada habisnya. Untuk itu di perlukan perencanaan yang sepeti di sampaikan di point sebelumnya.

  • Hilangkan Keragu-raguan

Ragu ragu bisa membuat perjalanan anda menjadi kurang nge flow dan malah membebani anda sendiri. Nikmati perjalanan dan percaya dengan perencanaan yang telah di lakukan maka melangkahlah dengan berani ke setiap agenda dan destinasi serta menikmatinya dengan sepenuh hati adalah bagian terbaik dari travelling yang seharusnya tidak di risaukan dengan keragu raguan.

  • Jangan Abaikan Bahaya

Travelling sendiri tentu tidak sama jika travelling ramai ramai dan seseorang yang sendirian juga memiliki kecenderungan mengalami ancaman potensi kriminal dan lain sebagainya. Untuk itu anda perlu sedikit hati hati juga dan dengan perencanaan yang baik serta riset destinasi yang di tuju maka anda akan dengan mudah mengenali pola pola ataupun kondisi yang berbahaya yang bisa muncul untuk segera di hindari. Misalnya jika anda ke tempat minum, usahakan untuk membatasi minum bir yang memabukkan sampai anda tidak sadarkan diri dan lain sebagainya.